Selamat Datang di Blog Perpustakaan Magister Manajemen Universitas Diponegoro

Pemanfaatan Internet Sebagai Media Penelusuran Informasi


PENDAHULUAN

Dewasa ini perkembangan laju perkembangan informasi sedemikian pesat. Perkembangan laju informasi yang sedemikian pesat ini juga diimbangi dengan perkembangan tingkat kebutuhan akan informasi yang juga tinggi pula. Tidak ada seorangpun di dunia ini yang tidak membutuhkan informasi, apapun jenis pekerjaan orang itu (Yusuf, 1995). Bahkan di masa-masa yang akan datang informasi mempunyai pengaruh dan peranan dalam tata kehidupan seseorang, suatu organisasi, suatu negara dan dunia (Siagian, 1990). Tanpa informasi, manusia tidak dapat berperan banyak (Yusuf, 1995). Saleh (1995) mengungkapkan informasi meruipakan sumber daya yang strategis sepanjang hidup kita. Goonatilake (Suryaningsih, 1997) menyatakan bahwa evolusi manusia memperlihatkan bagaimana informasi berperan di tingkat perubahan dalam kehidupan sosial manusia.
Pembengkaan volume informasi yang dicetuskan, dipindahkan dan diterima akan terus semakin menggelembung (Ardoni, 1995). Seiring dengan itu, makna informasi pun meningkat pula (Ardoni, 1995).
Perkembangan tingkat kebutuhan akan informasi dewasa ini, juga diikuti dengan tuntutan semakin cepatnya pemenuhan kebutuhan akan informasi itu sendiri. Selain itu seorang pengguna dalam memakai infotmasi (sumber informasi) memerlukan validitas informasi dan kenyamanan dalam mendapatkan informasi (Smith dalam Dewi, 2005) Adanya semua tuntutan ini dapat terjawab dengan adanya teknologi informasi yang ada saat ini. Teknologi informasi dapat menjajikan kecepatan akses seseorang untuk memenuhi kebutuhan informasinya (Saleh, 1995). Perpustakaan perguruan tinggi sebagai salah satu pengelola sumber informasi juga patut menyadari adanya hal ini. Tuntutan akan pemenuhan kebutuhan informasi yang cepat oleh pengguna juga harus dijawab oleh perpustakaan sebagai penyedia dan pengelola sumber informasi. Perpustakaan harus menerima tuntutan ini sebagai sebuah tantangan. Oleh karena itu, teknologi informasi sebagai sebuah jawaban akan tuntutan validitas informasi, kenyamanan dalam memperoleh informasi dan kecepatan pemenuhan kebutuhan informasi pengguna juga harus dapat diterima di perpustakaan.
Terdapat beberapa alasan lain pula, mengapa teknologi informasi harus dapat diterima di perpustakaan. Adapun alasan tersebut yaitu adanya tuntutan terhadap jumlah dan mutu layanan perpustakaan, tutntutan terhadap penggunaan koleksi bersama, kebutuhan untuk mengefektifkan sumber daya manusia, adanya keragaman informasi yang dikelola dan kebutuhan akan ketepatan layanan informasi (Saleh, 1995).
Ada dua kelompok kerja perpustakaan yang dapat memanfaatkan teknologi informasi, yaitu pekerjaan perpustakaan yang berkaitan dengan pekerjaan rutin perpustakaan (library housekeeping) dan pekerjaan perpustakaan yang berkaitan dengan penelusuran informasi (information retrieval).
Seperti yang telah diungkapkan pada bagian sebelumnya, teknologi informasi salah satunya dapat dimanfaatkan dalam kegiatan penelusuran informasi. Teknologi informasi dalam kegiatan penelusuran informasi di perpustakaan diaplikasikan sebagai penyedia sarana temu balik informasi bagi pengguna. Temu balik informasi di sini menyangkut kendali sumber dan materi perpustakaan serta isi sebuah dokumen. Sitem temu balik informasi ini bisa berupa sistem intern, yaitu berupa pangkalan data lokal beserta jasa dan produk yang berkaitan dengannya, bisa juga berupa sistem ekstern., seperti online searching, world wide web dan lain-lain beserta jasa dan produk yang berkaitan.
Dari beberapa uraian-uraian yang telah disebutkan di atas terlihat begitu jelas, bagaimana manfaat teknologi informasi di perpustakaan. Hal inilah yang melatar belakangi penulis untuk menguraikan lebih jauh tentang pemanfaatan teknologi informasi di perpustakaan, khususnya di perpustakaan perguruan tinggi.

Teknologi Informasi, Sebuah Tantangan atau Halangan ?
Pemanfaatan teknologi informasi saat ini sudah merambah di segala segi kehidupan, dari kegiatan pribadi, urusan pribadi, perkantoran termasuk dalam layanan perpustakaan (Hermawan, 2005).

Selain apa yang telah diungkapkan di atas, manfaat penerapan teknologi informasi dapat juga dirasakan oleh pengguna dan pustakawan (Hermawan, 2005) Manfaat yang dapat diperoleh pengguna dengan adanya penerapan teknologi informasi di perpustakaan yaitu, mengatasi keterbatasan waktu, mengatasi keterbatasan tempat, memperoleh informasi yang paling baru dengan cepat, mempermudah akses informasi dari berbagai pendekatan dan sumber, mempercepat proses peminjaman dan pengembalian, mempermudah untuk memindah dan merubah bentuk untuk kepentingan presentasi, serta manfaat-manfaat lainnya. Sedangkan bagi pustakawan, penerapan teknologi informasi di perpustakaan memberikan manfaat yaitu, untuk memperingan pekerjaan dan untuk meningkatkan layanan.
Sebagai bagian integral dari sebuah perguruan tinggi, yang memiliki peran sebagai sarana pendukung informasi, perpustakaan bertanggungjawab untuk dapat mengelola informasi yang sesuai dan dapat mendukung lembaga induknya , yang dalam hal ini adalah perguruan tinggi dimana perpustakaan itu berada. Bahkan sering timbul sebuah pernyataan, bahwa perpustakaan merupakan jantung dari perguruan tinggi. Oleh karena itu, perpustakaan perguruan tinggi juga patut untuk lebih memperhatikan kebutuhan pengguna akan sumber informasi yang ada di dalamnya, yang tentunya tidak hanya memperhatikan kelengkapan sumber informasinya saja tetapi juga perlu memperhatikan akses terhadap sumber informasi tersebut.
Seperti yang telah diungkapkan pada bagian sebelumnya, teknologi informasi sangat membantu perpustakaan dalam kegiatan akses temu balik informasi. Kehadiran teknologi informasi di perpustakaan dapat dikatakan tidak dapat ditawar-tawar lagi.Hal ini juga patut dicermati oleh pustakawan di perpustakaan perguruan tinggi. Kalau boleh dikatakan, teknologi informasi di perpustakaan perguruan tinggi seharusnya bukan lagi menjadi sebuah kendala. Tetapi pada kenyataan di lapangan berkata lain.
Dari apa yang telah diuraikan di atas, dapat dirumuskan beberapa hal yang dapat menjadi sumber permasalahan dalam pemanfaatan teknologi informasi sebagai sarana temu balik informasi, yaitu bagaimana kesiapan pengguna sebagai konsumen informasi dalam pemanfaatan teknologi informasi sebagai sarana temu balik informasi serta bagaimana pula kesiapan dari pustakawan sebagai penyedia sumber informasi untuk membantu pengguna pada saat melakukan kegiatan temu balik informasi dengan berbasis teknologi informasi ?

Pemanfaatan Teknologi Informasi Sebagai Sarana Temu Balik Informasi

Dalam bagian sebelumnya telah dijelaskan, bahwa teknologi informasi di perpustakaan salah satunya dapat dimanfaatkan untuk mendukung kegiatan temu balik informasi. Baik dalam bentuk sistem interen maupun sistem ekstern.
Sebelum kita membahas lebih jauh, kita perlu mengerti apa yang dimaksud dengan kegiatan temu balik informasi itu sendiri. Sulistyo Basuki (1992) memberikan pengertian temu balik informasi sebagai sebuah kegiatan yang bertujuan untuk menyediakan dan memasok informasi bagi pemakai sebagai jawaban atas permintaan atau berdasar kebutuhan pemakai. Jadi dapat dikatakan, bahwa temu balik informasi adalah sebuah media layanan bagi pengguna untuk memperoleh informasi atau sumber informasi yang dibutuhkan oleh pengguna.
Sedangkan teknologi informasi diterangkan sebagai teknologi pengadaan, pengolahan, penyimpanan dan penyebaran informasi dengan memanfaatkan media komputer dan telekomunikasi yang ada (Saleh, 1995)
Jadi dalam kaitannya dengan pemanfaatan teknologi informasi sebagai sarana temu balik informasi di perpustakaan perguruan tinggi, Teknologi informasi dijadikan sebagai suatu alat bagi seorang pengguna untuk mempersingkat waktu bagi pengguna ketika menelusur informasi/sumber informasi yang dibutuhkannya.
Seperti yang telah diketahui semua, untuk menelusur sumber informasi yang ada di perpustakaan, perpustakaan menyediakan sebuah alat bantu untuk menelusur yang dikenal dengan nama katalog. Dengan menggunakan alat bantu ini, seorang pengguna dapat dengan mudah mengetahui dimanakah letak sumber informasi yang dia butuhkan.

0 Comments:

Post a Comment



 
 
 
Terima kasih atas kunjungan anda
We Are Your Solution
blog ini dipersembahkan oleh Endhar Priyo Utomo untuk Perpustakaan Magister Manajemen Universitas Diponegoro